Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

58786x dibaca

kulit kering

Memiliki kulit yang sehat, cantik dan lembut adalah dambaan setiap orang, tapi terkadang banyak hal yang menyebabkan kulit cenderung kering dan tidak sehat. Bahkan jika kulit mengalami kekeringan yang parah bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Untuk mengatasi kulit yang kering, tentunya kita harus mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan kulit kering.

Salah satu faktor dari dalam tubuh yang menyebabkan kulit kering yaitu berkurang bahkan hilangnya minyak alami pada permukaan kulit. Berkurang atau bahkan hilangnya minyak alami pada permukaan kulit bisa jadi diakibatkan karena asupan makanan yang dikonsumsi serta kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kulit kering. Bahkan perawatan kulit yang salah pun dapat mengakibatkan keringnya kulit.

Tindakan yang biasa dilakukan saat kulit kering yaitu biasanya menggunakan bodylotion atau pelembab agar kulit terasa lebih lembab dan tidak kering lagi, serta mengkonsumsi air putih yang banyak. Namun, penggunaan pelembab atau bodylotion hanya memberikan efek sementara yang kemudian kulit akan menjadi kering kembali.

Agar kulit Anda tetap sehat, lembab dan tidak kering banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mengobati kulit kering Anda selain menggunakan pelembab. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami, dengan bahan alami berikut ini kulit kering Anda akan hilang dan kembali sehat dan lembab kembali.

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

1. Buah alpukat, pisang dan pepaya

Buah alpukat, pisang dan pepaya selain terkenal dengan seratnya yang baik untuk pencernaan, ternyata ketiga buah ini memiliki manfaat untuk kecantikan salah satunya yaitu mengatasi kulit kering.

Anda bisa menggunakan buah alpuket, pisang dan pepaya ini sebagai masker alami untuk mencegah kulit kering. Caranya cukup mudah, yaitu buah alpuket, pisang dan pepaya yang sudah matang di campur menjadi satu. Setelah itu tumbuk campuran buah tersebut sampai halus.

Jika sudah halus, oleskan pada bagian tubuh seperti tangan, kaki, leher, wajah dan daerah kulit yang kering lainnya. Setelah itu biarkan selama kurang lebih 15 menit sampai kering. Bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, lakukan dua kali dalam seminggu.

Cara pertama ini cukup mudah kan Sist, dengan buah-buahan alami Kamu sudah bisa menghilangkan masalah wajah kering dan kusam yang bikin Kamu illfeel. Tapi sayang, ketiga buah ini ketika disatukan memiliki aroma yang bagi orang yang baru pertama kali mencoba bisa bikin sedikit mual. Saya sendiri jarang menggunakan masker ini karena hidung saya sedikit sensitif dengan aroma-aroma yang menyengat saya lebih senang menggunakan lidah buaya/ Aloevera.

2. Apel

Buah apel terkenal dengan manfaatnya yang dapat meremajakan kulit, sehingga menjadikan kulit tetap sehat. Di dalam buah Apel mengandung zat kalium dan tannin yang bermanfaat untuk mejaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering serta menjadikan kulit tetap bersinar.

Agar kulit Anda tetap sehat, Anda bisa menggunakan buah Apel sebagai obat untuk mengatasi kulit kering. Caranya mudah sekali, yaitu parut buah Apel, lalu ampas dari hasil parutan tersebut dioleskan pada tubuh atau bagian kulit yang kering. Jika sudah 20 menit, bilas dengan menggunakan air dingin.

Cara kedua ini pernah saya praktekan dan hasilnya lumayan terlihat, kulit saya tidak lagi kering dan tingkat kelembabannya bertambah, tapi akan percuma kalau Apel yang Kamu gunakan mengandung pestisida karena masker apel menggunakan daging serta kulit bagian luar untuk memaksimalkan khasiatnya. Terlebih lagi bila Kamu yang memiliki kulit sensitif, bisa saja Kamu mengalami reaksi alergi terhadap pestisida.

3. Timun

Timun memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan kulit. Itu sebabnya banyak produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan utamanya. Jika Anda mengalami kulit kering, tidak perlu menggunakan produk kecantikan dengan harga yang lumayan, cukup dengan menggunakan ampas dari parutan timun, lalu oleskan pada wajah atau daerah kulit yang kering. Biarkan sampai meresap kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

4. Kuning Telur

Telur tidak hanya dijadikan makanan yang kaya akan protein. Telur juga bisa dijadikan bahan untuk kecantikan rambut dan kulit. Untuk Anda yang mengalami masalah pada kulit khususnya kulit kering, Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai alternatif untuk mengobati kulit yang kering.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh kuning telur dengan 1 sendok teh madu serta 2 sendok teh susu bubuk. Aduk sampe merata hingga membentuk pasta. Oleskan pada tubuh serta bagian daerah kulit kering lainnya. Diamkan sampai kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

5. Madu

Madu memang terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Madu memiliki manfaat dalam menjaga kelembaban kulit serta mampu mencerahkan dan mencerahkan kulit. Bahkan madu sering digunakan sebagai obat untuk menjaga kelembaban bibir. Nah, jika Anda mengalami kulit kering, bisa menggunakan madu sebagai obat.

Caranya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh madu dengan sedikit air mawar. Oleskan pada di daerah kulit yang kering. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Madu dikenal sebagai bahan alami yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga sangat baik untuk kulit wajah, tapi jangan coba-coba menggunakan madu yang palsu atau yang sudah mengandung campuran. Karena bila menggunakan madu yang telah tercampur kemungkinan besar akan menimbukan reaksi pada kulit. Menurut say acara ini cukup ampuh namun yang jadi masalah adalah saat ini sangat sulit untuk mendapatkan madu alami tanpa campuran. Jadi sampai saat ini saya lebih sering menggunakan aloevera.

6. Minyak Almond

Ingin memiliki kulit sehat cantik alami dan bebas kering? Minyak almond merupakan salah satu alternatif yang paling ampuh. Selain beberapa bahan yang telah disebutkan diatas, minyak Almond merupakan salah satu bahan alami dan terbaik yang memiliki manfaat yang ampuh dalam mengatasi maslah kulit terutama kulit kering dan pecah-pecah.

Caranya mudah sekali, cukup oleskan minyak almond sedikit saja pada bagian wajah, daerah kulit kering bahkan seluruh tubuh. Gunakan sebelum mandi.

Minyak Almond memiliki kandungan yang sangat mirip dengan yang bisa kita temukan pada minyak biji bunga matahari, kedua minyak ini terkenal sangat ampuh untuk menghilangkan kulit kering. Namun untuk masalah harga, minyak almond jauh lebih mahal dibandingkan minyak biji bunga matahari dan minya almond sangat sulit diperoleh di Indonesia. Sampai saat ini saya lebih sering menggunakan minyak biji bunga matahari.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan kulit. Selain bermanfaat untuk mengobati jerawat, jeruk nipis berfungsi untuk membersihkan kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

Agar kulit Anda tetap sehat dan tidak kering, gunakan campuran jeruk nipis dan buah alpuket yang sudah dihaluskan. Oleskan pada kulit yang kering, diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Baca juga:

Nah, beberapa tips cara alami untuk mengatasi kulit kering bisa Anda aplikasikan sebagai perawatan kecantikan kulit yang tak perlu menghabiskan budget yang besar.


Manfaat Minyak Zaitun

Manjadda

Manfaat Daun Sirih

Manjadda

Manfaat Daun Sirih Merah

Manjadda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *