Manfaat Dried Plum

858x dibaca

manfaat dried plum

Dried Plum atau Plum kering adalah hasil olahan dari buah Plum yang dikeringkan dalam oven atau di bawah sinar matahari. Buah ini memiliki bentuk menyerupai kismis hitam namun memiliki ukuran yang lebih besar. Dried Plum memiliki tekstur kulit kasar dengan daging lembab.

Plum kering mengandung serat – 12,4 gram per 1 gelas. Maka tak heran jika buah plum kering seringkali dijadikan sebagai obat rumah untuk sembelit karena kandungan seratnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi 2011 “Alimentary Pharmacology and Therapeutics” menunjukkan bahwa plum kering lebih efektif daripada serat psyllium. Penderita sembelit kronis berangsur-angsur mulai pulih dengan mengonsumsi 1/2 cangkir plum kering setiap hari selama periode 8 minggu.

Kandungan dan Manfaat Dried Plum

1. Vitamin K

Mengonsumsi buah plum kering dapat memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin K. Setiap porsi menyediakan 129 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin ini. Mengkonsumsi vitamin K yang cukup dapat membantu Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia, menurut bukti sebuah edisi 2011 “Menopause International.” Periset mencatat bahwa kekurangan vitamin K pada orang tua berkorelasi dengan kondisi medis tertentu, seperti osteoporosis dan aterosklerosis. Plum adalah makanan yang dapat membantu Anda menghindari masalah ini.

2. Kalium

Satu porsi plum kering mengandung 36 persen potassium yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari. Kalium membantu memastikan fungsi jantung dan transmisi impuls saraf yang tepat di seluruh tubuh Anda. Ini mungkin juga berdampak positif pada kesehatan tulang. Sebuah studi di “The Journal of Nutrition” pada tahun 2008 menyatakan bahwa makanan kaya potassium seperti plum kering dengan integritas tulang, walaupun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini.

3. Vitamin A

Konsumsilah plum kering, karena dengan mangonsumsi dried plum Anda samadengan mengkonsumsi 27 persen asupan vitamin A yang disarankan setiap hari. Ini membuat plum kering merupakan pilihan tepat untuk kesehatan mata – vitamin A membantu penglihatan malam hari yang baik dan melindungi kornea. Vitamin A dalam buah ini juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang dimuat dalam edisi 2011 “Vitamin dan Hormon” melaporkan bahwa vitamin A dapat membantu memicu kematian sel pada sel yang berpotensi berbahaya untuk tubuh.

Kandungan diatas yang membuat saat ini buah plum kering banyak diburu meskipun harganya tergolong cukup mahal. Plum kering atau sering kali disebut juga dengan prune atau plum hitam bisa dikeringkan dengan cara di oven atau di jemur dibawah sinar matahari.

Buah plum kering mengandung berbagai macam jenis vitamin, mineral, serat makanan dan senyawa fenolik yaitu zat yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga sangat bermanfaat untuk:

  1. Mencegah sembelit, obeseitas dan menurunkan kolesterol
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mengontrol kantung kemih. Sembelit karena kurang serat memiliki efek negatif pada kantung kemih
  4. Sumber zat besi yang baik
  5. Meningkatkan transmisi syaraf dan fungsi jantung
  6. Mencegah osteoprorosis dan aterosklerosis