manfaat bawang dayak

Manfaat Bawang Dayak

4.25/5 (4)

Bawang dayak seringkali disebut dengan sebutan bawang hutan, karna bawang ini dapat tumbuh liar di hutan maupun perkebunan. Bawang ini aslinya dari hutan Kalimantan Barat dan umumnya dipakai oleh orang-orang setempat sebagai obat tradisional. Namun manfaat bawang dayak ini belum banyak orang yang tahu, hingga hanya beberapa orang saja yang menggunakan nya. Walau sebenarnya bawang ini memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan manusia.

Bawang dayak mempunyai kandungan senyawa aktif yang begitu komplit jadi begitu wajar bila banyak khasiatnya. Senyawa itu mencakup glikosida, steroid, flavonoid, alkaloid, fenolik, tanin, serta saponin. Flavonoid dapat berguna sebagai anti inflamasi, anti kanker, antiviral, melawan radikal bebas, serta mengurangi kemungkinan resiko penyakit kardiovaskuler. Apabila ingin mendapatkan khasiatnya, baiknya bawang dayak di ambil ketika perkembangan nya mencapai puncak vegetatif, yakni saat di mana kuncup bunga pada tanaman nampak.

Di bawah ini 10 manfaat bawang dayak yang baik untuk mengobati beragam jenis penyakit, diantaranya

1. Mengobati Penyakit Amandel

Penyakit amandel ataupun radang amandel dapat menyerang orang dewasa sampai anak anak. Seandainya dibiarkan amandel akan makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan.

2. Menyembuhkan Sakit Perut

Bawang dayak berguna untuk menyembuhkan sakit perut seperti meredakan rasa nyeri, serta mual di bagian perut.

3. Menyembuhkan Flu

Suku dayak kerap memakai bawang ini untuk menyembuhkan flu sebagai obat herbal. Kandungan anti bakteri yang tinggi begitu efisien untuk menghambat bakteri yang memicu flu.

4. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Bawang dayak bukan sekedar dapat menyembuhkan penyakit yang ringan saja, namun dapat juga menyembuhkan penyakit kritis seperti penyakit kuning atau hepatitis.

5. Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C serta anti-oksidan pada bawang dayak inibegitu tinggi. Oleh karenanya, manfaat bawang dayak sangat banyak. Jika teratur dikonsumsi dapat menaikkan ketahanan tubuh Anda. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat menambahkannya pada masakan Anda.

6. Membantu Menghindar Kanker Serta Tumor

Tumor serta kanker termasuk juga penyakit yang begitu mengganggu serta mengkhawatirkan. Karena banyak masalah yang berujung pada kematian. Walau demikian, untuk menghambat timbulnya tumor serta kanker, Anda dapat menggunakan bawang dayak. Selain memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi bawang dayak ini juga memiliki kandungan naphtoquinones yang disebut satu diantara senyawa alami untuk menghindar timbulnya sel tumor serta kanker pada tubuh.

7. Membersihkan Tubuh Dari Bakteri

Bawang dayak mempunyai kandungan anti bakteri yang begitu baik untuk membantu tubuh anda melawan bakteri pemicu penyakit. Diluar itu, kandungan anti bakteri aktif dapat juga membersihkan tubuh anda dari bakteri. Hingga tubuh andasemakin lebih sehat karna terhindar dari penyakit.

8. Menghindar Terjadinya Infeksi

Bawang dayak berguna juga untuk menghindar infeksi. Infeksi bisa berlangsung didalam ataupun diluar tubuh. Oleh karenanya, bila Anda khawatir dengan infeksi yang dikarenakan oleh luka, Anda dapat memanfaatkan bawang dayak untuk meminimalisasi resiko terjadinya infeksi.

9. Mencegah Perkembangan Bakteri, Virus serta Mikroba

Bakteri, virus, serta mikroba yaitu penyumbang penyakit paling besar didalam tubuh. Seandainya sampai berkembang maka dapat mengakibatkan tubuh diserang beragam jenis penyakit serta dapat membahayakan.

10. Mencegah Terjadinya Peradangan

Bawang dayak dapat menolong mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Yang umum menyerang badan di bagian tenggorokan, lambung, serta usus.

11. Mengobati Asam Urat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam urat, bawang dayak adalah salah satu obat asam urat yang cukup efektif.

Tertarik mencoba bawang dayak? klik disini untuk memesan.