Manfaat Buah Mengkudu

252x dibaca

Manfaat Buah Mengkudu

Mungkin sebagian orang saat ini masih mengenali wujud buah yang satu ini. Buah yang memiliki bau tak sedap namun siapa sangka memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan seseorang. Buah mengkudu merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah tropis. Buah ini familiar sekali untuk penyembuhan dengan cara tradisional pada beberapa penyakit seperti rematik, serangan jantung hingga kanker.

Buah dengan nama latin morinda citrifolia ini mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin A, B3 dan C. Manfaat buah mengkudu sangat banyak karena juga mengandung zat besi, karbohidrat, potasium, kalsium, serat dan sodium. Namun ternyata selain menyembuhkan beberapa penyakit dan bagus untuk kesehatan, buah satu ini juga memiliki manfaat untuk membantu menyempurnakan cantikmu dengan memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat.

Memiliki rambut sehat merupakan impian banyak orang, tak ayal jika banyak yang mau merogoh kocek untuk membeli produk rambut yang mahal dan berkualitas. Namun jika Anda sedang malas mengeluarkan uang yang berlebih maka tak ada salahnya jika Anda beralih ke alternatif penggunaan bahan alami sebagai obat rambut anda.

Anda penasaran bagaimana cara mengolah manfaat buah mengkudu sebagai vitamin untuk rambut dan kulit kepala Anda? Yuk simak!

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Rambut

1. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal yang menyebalkan pada banyak orang, pasalnya rambut rontok dapat memicu kebotakan pada seseorang. Tentunya Anda tidak mau dong memiliki kepala botak. Nah, tak perlu lagi khawatir ternyata manfaat buah mengkudu dapat membantu Anda mengatasinya. Rambut rontok dapat terjadi karena nutrisi yang buruk, keturunan (gen) maupun masalah yang ada pada kulit kepala.

Buah mengkudu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang di percaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada seseorang. Tentunya ini dapat membantu memperkuat rambut yang Anda memiliki sehingga mengurangi tingkat kerontokan rambut yang Anda derita, selain itu vitamin yang ada pada buah mengkudu juga terkenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Jika anda penasaran, berikut adalah cara mengolah buah mengkudu menjadi racikan alami untuk rambut sehat Anda

  • Siapkan 2-3 buah mengkudu
  • Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih
  • Potong dan masukkan ke dalam blender
  • Tambahkan 1 sendok makan gula pasir
  • Setelah rata dan mengental taruh ke dalam gelas

Jika Anda ingin hasil yang maksimal dari manfaat buah mengkudu ini, maka konsumsi racikan ini satu-dua kali dalam seminggu dan lihatlah perubahannya.

2. Menghitamkan Rambut

Memiliki rambut hitam dan sehat merupakan impian banyak orang, pasalnya rambut dapat memutih menjadi uban seiring berjalannya waktu, entah karena usia lanjut atau bahkan rambut mati.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut hitam mempesona tidak ada salahnya anda mencoba membuat racikan dari buah mengkudu dengan cara berikut ini

  • Siapkan 1-2 buah mengkudu
  • Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih
  • Rebus daun pandan selama semalaman
  • Campur rebusan daun pandan dengan mengkudu dan aduk hingga rata dan mengental
  • Oleskan pada rambut anda dan bungkus dengan kain/handuk
  • Diamkan selama 15-30 menit
  • Basuh hingga bersih

3. Menghilangkan Ketombe dan Kutu Rambut

Ketombe dan kutu rambut merupakan momok yang mengerikan yang terjadi pada kulit kepala dan rambut Anda. Pasalnya jika orang lain melihatnya, maka dipastikan kadar percaya diri Anda akan turun. Selain itu gigitan kutu pada kulit kepala Anda dapat menyebabkan luka dan infeksi jika terus dibiarkan.

Namun Anda tak perlu lagi khawatir, manfaat buah mengkudu kali ini dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah cara membuat racikan alami dari buah mengkudu untuk menghilangkan ketombe maupun kutu rambut

  • Siapkan 2-3 buah mengkudu
  • Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih
  • Potong dan masukkan ke dalam blender
  • Tambahkan 1 sendok makan gula pasir
  • Setelah rata dan mengental taruh ke dalam gelas

Demikian merupakan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Rambut merupakan mahkota manusia yang dapat membuat penampilan semakin percaya diri jika Anda memiliki rambut yang indah, kuat dan segar. Jadi jagalah kebersihan tubuh dan rambut Anda dan selamat mencoba beberapa pengolahan dari manfaat buah mengkudu untuk kesehatan rambut Anda. Cheers!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *