Manfaat Daun Sirih Merah

309x dibaca

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman yang manfaatnya sudah sangat terkenal terutama untuk mengobati mimisan. Sebagai salah satu tanaman herbal, manfaat daun sirih merah ternyata sangat banyak dan amuh bagi kesehatan. Ini karena dalam daun sirih memilih segudang zat yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan, daun ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dimulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Penasaran dengan daun serba guna ini? Simak manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Mimisan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa manfaat daun sirih merah sangat ampuh digunakan untuk mengatasi mimisan. Dengan menggunakan daun sirih merah, darah yang keluar pada saat mimisan akan berhenti.

Caranya yaitu dengan mengambil satu lembar daun sirih, kemudian gulung dan masukkan pada lubang hidung yang mimisan.

2. Mengobati Luka Bakar Ringan

Luka bakar dapat menimbulkan bekas yang mengganggu jika tidak segera ditangani. Apalagi luka bakar merupakan salah satu jenis luka yang susah kering. Untuk itu, jika Anda mengalami luka bakar ringan, Anda bisa gunakan daun sirih merah ini. Sebab, pada daun sirih merah terdapat banyak zat yang bermacam-macam seperti vitamin C, antioksidan, Alkalodi yang membantu mengatasi peradangan pada area kulit yang mengalami luka bakar.

3. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan salah satu infeksi pada mulut, infeksi ini bisa disebabkan kuman dan bakteri. Jika sudah mengalami sariawan, maka Anda akan mengatasi permasalahan seperti makan tak enak, minum tak enak dan segalanya terasa tak enak.

Dengan menggunakan daun sirih, maka berbagai permasalahan mulut seperti sariawan akan kabur. Sebab, daun sirih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan memiliki kandungan antiseptik yang bisa digunakan untuk membasmi kuman penyebab sariawan.

4. Mengobati Sakit Mata

Sering kali mata mengalami permasalahan seperti mata merah, perih dan berair. Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri mata mengalami iritasi. Jika iritasi ini tidak segera di atasi, maka mata bisa saja mengalami iritasi yang lebih arah. Untuk mengatasi iritasi ini, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan daun sirih merah.

Ini karena dalam daun sirih merah terdapat kandungan alkaloid yang berguna sebagai anti radang dna anti bakteri. Adapun cara menggunakannya adalah dengan merebus daun sirih lalu gunakan air rebusan untuk mengompres mata. Jika perlu Anda bisa membasuh mata dengan air rebusan ini setelah dingin selama 10 menit.

5. Dapat Mengobati Bronkitis

Manfaat sirih merah bisa digunakan untuk mengatasi penyakit berat seperti bronkitis. Hanya dengan mengonsumsinya secara teratur sehari 3 kali maka penyakit bronkitis Anda akan membaik. Caranya yaitu dengan merebus daun sirih lalu minum air rebusan secara teratur.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang tinggi membuat sebagian penderitanya merasa menderita. Sebab, tekanan darah tinggi membuat kepala menjadi pusing dan pundak terasa kamu. Bahkan, tekanan darah tinggi juga menyebabkan Anda tidak bis mengonsumsi makanan berminyak dan lainnya.

Untuk mengatasi tekanan arah tinggi, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih dua kali sehari. Sebab daun sirih memiliki kandungan fenol dan minyak atsiri yang bisa menstabilkan tekanan darah.

Sebagai salah satu tanaman tradisonal, manfaat sirih merah sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Dengan rajin mengonsumsi rebusan daun sirih ini, maka Anda akan miliki tubuh yang sehat dan bugar. Jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat yang berbahaya yang menimbulkan efek samping, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan ramuan mujarab dari daun sirih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *